Senin, 18 April 2011

Tugas Bahasa Indonesia 2 (Bulan April)

1. gagasan gagasan dasar dari penggalan artikel tersebut adalah bahawa penelitian PBW saat ini sebuah metode pembelajaran untuk mata kuliah PBW dengan menggunakan web blog yg dapat mengatasi kekurangan (kelemahan) metode pengajaran dan dosen mengatasi kebosanan dalam pembelajaran karena mengaplikasikan teknologi internet yang lebih menarik daripada metode konvensional, web blog jg membantu mengurangi pemakaian kertas secara berlebihan. Mahasiswa tidak memerlukan kertas untuk mengumpulkan tugas Menulis mereka, namun cukup mengunggahnya di web blog mereka, dan tidak kalah pentingnya adalah dengan menulis melalui media blog, menjadikan karya-karya mahasiswa mampu diakses setiap pengguna internet dan juga akan membantu mahasiswa untuk belajar mempublikasikan tulisan-tulisan mereka sehingga layak untuk dibaca. Salah satunya melalui metode E-learning mampu mempersingkat waktu pembelajaran dan membuat biaya yang dikeluarkan dalam kegiatan perkuliahan menjadi lebih ekonomis karena mempermudah interaksi antara mahasiswa dengan dosen maupun sesama mahasiswa. Pada proses penulisan kita perlu pula memahami Tahap Prewriting, Tahap Planning, Tahap Writing dimana dr proses penulisan tersebut kita akan mendapatkan suatu tujuan yg komunikatif. Demi tujuan teks yang komunikatif teks bergantung pada bagaimana teks itu disusun dengan penggunaan fitur-fitur linguistik sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat diterima oleh komunikan dengan baik. Selain itu melalui media blog dimana kita dapat dikenal oleh salah satu komunitas dimana dalam setiap postingannya harus memiliki Paragraph-based Writing sebagai mata kuliah menulis bagi para mahasiswa diharapkan dapat membantu mereka dalam proses belajar menulis yang sesuai kaidah dan aturan yang berlaku dalam ilmu kebahasaan. Banyak sekali manfaat yang ditawarkan didalam web blog dan lain seagainya dimana Banyak manfaat pula yang ditawarkan melalui penggunaan web blog sebagai media pembelajaran mata kuliah Paragraph-based Writing, diantaranya adalah efektif, praktis dan mudah.

2. Menurut saya dalam setiap gagasan-gagasan yang ada dalam artikel tersebut sanagt mempermudah pembacanya dan sebagai pembaca dapat langsung mengerti gagasan-gagasan yang ada pd artikel tersebut sehingga sebagai komunikan sangat mengerti maksud dari penulis. Banyak manfaat yang didapat pada artikel tersebut dimana teknologi yang dapat mempermudah sekaligus dapat meningkatkan pengetahuan kita pada penggunaan web blog, e-learning, proses penulisannya, dll sekaligus dapat mengetahui pula keuntungan dan kerugian pada penggunaan teknologi tersebut. Dalam pengungkapan gagasan tersebut sangat sederhana dan mudah untuk dimengerti. Hanya saja dalam penempatannya gagasan tersebut tidak beraturan.


1. a. penggunaan bahasa pada perumusan latar belakang, masalah, isi, tujuan, isi, penutupan dalam makalah tersebut tidak lengkap, dan penggunaan bahasa pun tidak mudah untuk dipahami oleh komunikan yang membaca makalah tersebut. Dimana dalam bagian-bagian penulisan dalam penggunaan bahasa tidak terkait pembahasannya satu sama lain.

b. Isi yang meliputi:

* kelengkapan pendahuluan yang mencakup (a) latar belakang, (b) masalah, dan (c) tujuan dalam kelengkapan isi tersebut tidak terlalu melengkapi dalam setiap bagian-bagiannya, dimana pada setiap isinya tidak terlalu konkrit dalam menjelaskan isi dari suatu paragraph tersebut.

* kelengkapan dan kesesuaian bagian inti dengan bagian pendahuluan dimana yang kita baca pada artikel tersebut tidak adanya kesesuaian dengan yang akan kita bahas pada bagian tujuan setelah pendahuluan dan pada kelengkapannya kita lihat lagi di dalam makalah tersebut pada bagian pendahuluan dimana kita lihat adanya suatu penjelasan yang kuran lengkap dan tidak terlalu dipahami.

* kelengkapan dan kesesuaian bagian penutup dengan bagian pendahuluan dan bagian inti yang mencankup (a) rangkuman hasil pembahasan, (b) kesimpulan dan (c) saran, dimana yang kita lihat dalam makalah tersebut tidak adanya kesesuaian antara pendahuluan dengan penutupan, dalam makalah tersebut juga tidak dilengkapi oleh rangkuman pembahasan dan penutup, hanya ada kesimpulan dan daftar pustaka.

c. Teknik penulisan :

* sistematika penulisan yang meliputi judul dan sub judul serta penandaan peringkat2nua, tidak beraturan sekali baik pada judul maupun sub judul

* Penulisan rujukan pustaka, yang kita lihat di dalam makalah tersebut sudah cukup baik, tetapi labih baik lagi apabila didalam makalah tersebut terdapat footnote disetiap pagenya agar lebih jelas dan terwakili oleh refrensi yg didapat.

* Penyajian tabel, yang saya lihat dalam makalah tersebut sangat tidak rapih dan tidak beraturan penempatan tabel tersebut, begitu pula dengan isi yang ada dalam tabel tersebut tidak cukup jelas pada penulisannya. Dimana harus ada yang membedakan antara bagian atas, dan isinya.

Tidak ada komentar: